Arti dan Pentingnya Karakter

Sebenarnya apa yg dinamakan karakter? Kita lebih sering merancukannya bersama temperamen/kepribadian. Karakter yakni sebuah mutu yg dipunyai oleh seorang yg membedakan beliau bersama orang lain. Sementara temperamen merupakan sifay basic yg dipengaruhi oleh kode generika elemen keturunan. Sedangkan kepribadian lebih mengarah ke tradisi yg kita perlihatkan waktu kita berada di tengah orang, seperti trick kita berpakaian, berjalan, berjabat tangan, senyum,dll.

Bedanya bersama sifat, temperamen, dan kecerdasan, karakter bukanlah bawaan lahir. ia dibentuk dan ditumbuhkan lewat Proses Mencari Ilmu dalam kehidupan. Artinya karakter yg baik itu mampu dipunyai oleh seluruh orang. Penting bagi Anda yang berprofesi sebagai guru untuk memahami Definisi Karakter dan Mekanisme Pembentukannya
Arti dan Pentingnya Karakter

Pentingnya Karakter  -  Sejak lalu karakter dianggap sbg ukuran terpenting manusia. Tokoh-tokoh dalam dongeng rata-rata terkecuali miliki kekuatan yg hebat tentu pula punyai tingkah laku yg baik. Sikap-sikap seperti keuletan,kejujuran,kesatria,kesabaran teramat ditekankan. Tetapi ketika masuk jaman industri, diawal abad 20, kapabilitas(kompetensi) jadi ukuran utama. Industrialisasi menuntut skill yg lebih tinggi. Karakter jadi terabaikan. Terhadap musim saat ini, IQ jadi lebih diperhatikan lantaran dianggap sanggup menggambarkan potensi kompetensi manusia. Akibatnya, tidak dengan sadar orang lebih mengagungkan sesuatu yg bersifat fisik & materi. Jadilah tidak sedikit orang cerdas di negara kita yg tak berkarakter. Padahal kompetensi tidak dengan karakter yg baik, ibarat pisau di tangan anak mungil. Membahayakan!!

Perjalanan hidup membuktikan hanyalah beberapa orang yg mempunyai karakter baik yg hasilnya bisa berkukuh di periode susah. Kecerdasan & karisma mungkin mampu mengambil seorang ke puncak keberhasilan. Tapi, cuma karakter yg bisa menciptakan satu orang bersi kukuh di puncak!! Mutu satu buah karakter dapat terlihat saat satu orang mengalami tekanan, tantangan & kesusahan. “Seseorang yg berkali-kali menang melintasi kesusahan bakal mempunyai mutu yg baik. Tak ada mutu yg tak diuji. Ujian mampu berupa tantangan, tekanan, kesusahan, halangan, penderitaan, dll yg tak kita sukai. Jikalau kita sukses melewatinya, terkecuali sekali namun berkali-kali sehingga kita bakal mempunyai mutu tersebut.

Terbentuknya Karakter
Lantaran bukan bawaan lahir, karakter mampu ditumbuhkan & dipengaruhi oleh tidak sedikit elemen.
Ada 5 perihal yg menempa karakter merupakan :
1. Temperamen basic kita. Dominan, intim, stabil, cermat.
2. Keyakinan kita. Apa yg kita percayai.
3. Pendidikan & pengetahuan
4. Motivasi & semangat hidup
5. Perjalanan. Apa yg sudah kita alami, periode dulu, pola asuh, lingkungan kita. Lingkungan miliki andil amat utama dalam menempa karakter!!

Perlu MENTOR
Dalam prakteknya, karakter yg baik, solid & teruji memang lah tak bakal terbentuk dgn sendirinya & mesti lewat proses. Dalam proses itu kita membutuhkan mentor (guru). Butuh seseorang pembina yg mengarahkan & memberitahukan kekeliruan & kelemahan karakter kita. Sedikitnya kita butuh miliki 8 mentor dalam kehidupan kita. Carilah & dapatkan mentor bagi karakter Kamu.
Berapa lama utk menumbuhkan & menempa karakter? Jawabannya : SEUMUR HIDUP!!

Penting!! Jika Anda seorang guru atau orang tua, makan Anda harus Mengenal Karakter Anak Berdasarkan Golongan Darah

KARAKTER Yg Mengambil Kesuksesan :
1. Integritas. Dapat mengintegritaskan kebajikan dalam dia.
2. Tetap : Ulet, patuh aturan
3. Empati : Mengasihi sesama seperti diri sendiri.
4. Tahan uji : Masih tabah & membawa hikmah kehidupan bersama trik bersyukur.
5. Beriman : Yakin bahwa Tuhan terlibat dalam kehidupan kita.

Terima kasih telah membaca artikel Arti dan Pentingnya Karakter ini. Semoga bermanfaat. Jika ada yang bersedia, silkahkan isi komentar untuk menambahkan