Beberapa Macam Metode Pembelajaran

Macam-Macam Metode Pembelajaran -Kepada dasarnya guru yaitu seseorang pendidik. Pendidik yakni orang dewasa bersama segala kekuatan yg dimilikinya buat bisa mengubah psikis & pola pikir anak didiknya dari tak tahu jadi tahu juga mendewasakan anak didiknya. Salah satu perihal yg mesti dilakukan oleh guru ialah dgn mengajar di kelas. Salah satu yg paling mutlak merupakan performance guru di kelas. Dengan Cara Apa satu orang guru mampu menguasai kondisi kelas maka tercipta suasana mencari ilmu yg menyenangkan. Bersama begitu guru mesti mengaplikasikan metode pembelajaran yg cocok bersama karakteristik peserta didiknya.

Setiap kelas sanggup barangkali memakai macam-macam metode pembelajaran yg berlainan bersama kelas lain. Utk itu satu orang guru mesti dapat mengaplikasikan beraneka ragam metode pembelajaran. Disini aku dapat menjelaskan sekian banyak metode pembelajaran menurut Ns. Roymond H. Simamora, Meter.Kep yg bakal kita dipakai.
Macam-Macam Metode pembelajaran :

1. Metode Ceramah


Metode pembelajaran ceramah yakni penerangan dengan cara lisan atas bahan pembelajaran terhadap sekelompok pendengar utk mencapai maksud pembelajaran tertentu dalam jumlah yg relatif akbar. Seperti ditunjukkan oleh Mc Leish (1976), lewat ceramah, bakal di capai sekian banyak maksud. Dgn metode ceramah, guru sanggup mendorong timbulnya memberi inspirasi bagi pendengarnya.
Gage & Berliner (1981 : 457), menyebutkan metode ceramah serasi utk dimanfaatkan dalam pembelajaran dgn ciri-ciri tertentu. Ceramah serasi buat penyampaian bahan menuntut ilmu yg berupa kabar & seandainya bahan menuntut ilmu tersebut sukar didapatkan.

2. Metode Diskusi

Metode pembelajaran diskusi ialah proses pelibatan dua orang peserta atau lebih buat berinteraksi saling bertukar opini, & atau saling mempertahankan pernyataan dalam pemecahan masalah maka didapatkan kesepakatan diantara mereka. Pembelajaran yg memakai metode diskusi yakni pembelajaran yg bersifat interaktif (Gagne dan Briggs. 1979 : 251).

Menurut Mc. Keachie-Kulik dari hasil penelitiannya, dibanding metode ceramah, metode diskusi sanggup meningkatkan anak dalam pemahaman ide & keterampilan memecahkan masalah. Namun dalam transformasi wawasan, pemakaian metode diskusi akhirnya lambat dibanding pemakaian ceramah. Maka metode ceramah lebih efektif utk meningkatkan kuantitas wawasan anak dari kepada metode diskusi.

3. Metode Demonstrasi

Metode pembelajaran demontrasi ialah metode pembelajaran yg amat efektif utk mempermudah peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti : Gimana trik mengaturnya? Macam Mana proses bekerjanya? Macam Mana proses mengerjakannya. Demonstrasi sbg metode pembelajaran yaitu bilamana satu orang guru atau satu orang demonstrator (orang luar yg sengaja diminta) atau satu orang peserta didik memperlihatkan terhadap semua kelas sesuatau proses. Contohnya bekerjanya satu buah sarana pencuci automatic, kiat menciptakan kue, & sebagainya.

Baca juga : Metode Pembelajaran dan Ragamnya

Kelebihan Metode Demonstrasi :

a. Perhatian peserta didik akan lebih dipusatkan.
b. Proses mempelajari peserta didik lebih terarah kepada materi yg sedang dipelajari.
c. Pengalaman & kesan sbg hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri peserta didik.

Kelemahan metode Demonstrasi :

a. Peserta Didik kadang diwaktu sukar menonton dgn terang benda yg diperagakan.
b. Tak seluruh benda bisa didemonstrasikan.
c. Sukar dimengerti kalau didemonstrasikan oleh pengajar yg kurang menguasai apa yg didemonstrasikan.

macam-macam metode pembelajaran
Macam-Macam Metode pembelajaran

4. Metode Ceramah Plus

Metode Pembelajaran Ceramah Plus merupakan metode pengajaran yg memakai lebih dari satu metode, merupakan metode ceramah yg dikombinasikan dgn metode yang lain. Ada tiga macam metode ceramah plus, diantaranya adalah :
a. Metode ceramah plus bertanya jawab & pekerjaan
b. Metode ceramah plus diskusi & pekerjaan
c. Metode ceramah plus demonstrasi & latihan (CPDL)

5. Metode Resitasi

Metode Pembelajaran Resitasi yakni sebuah metode pengajaran bersama mengharuskan peserta didik menciptakan resume bersama kalimat sendiri.

Kelebihan Metode Resitasi yakni :
a. Wawasan yg diperoleh siswa dari hasil menggali ilmu sendiri bakal akan diingat lebih lama.
b. Peserta didik mempunyai kesempatan buat meningkatkan keberanian, inisiatif, bertanggung jawab & mandiri.
Kelemahan Metode Resitasi merupakan :
a. Kadang diwaktu peserta didik melaksanakan penipuan yaitu siswa cuma meniru hasil tugas orang lain tidak dengan ingin bersusah payah mengerjakan sendiri.
b. Kadang dikala pekerjaan dikerjakan oleh orang lain tidak dengan pengawasan.
c. Sukar memberikan pekerjaan yg memenuhi perbedaan individual.

6. Metode Eksperimental

Metode pembelajaran eksperimental ialah sebuah kiat pengelolaan pembelajaran di mana peserta didik lakukan kegiatan percobaan dgn mengalami & membuktikan sendiri satu buah yg dipelajarinya. Dalam metode ini peserta didik dikasih peluang utk mengalami sendiri atau laksanakan sendiri bersama mengikuti satu buah proses, mengamati sebuah obyek, menganalisis, membuktikan & menarik rangkuman sendiri berkaitan obyek yg dipelajarinya.

7. Metode Study Tour (Karya wisata)
Metode study tour Study tour (karya wisata) yakni metode mengajar bersama menggandeng siswa mengunjungi satu buah objek guna menambah area wawasan & kemudian siswa menciptakan laporan & mendiskusikan juga membukukan hasil kunjungan tersebut dgn didampingi oleh pendidik.

8. Metode Latihan Keterampilan

Metode latihan keterampilan (drill method) merupakan satu buah metode mengajar bersama memberikan pelatihan keterampilan dengan cara berulang pada peserta didik, & mengajaknya serta-merta ketempat latihan keterampilan buat menyaksikan proses maksud, fungsi, kegunaan & manfaat sesuatu (misal : menciptakan tas dari mute). Metode latihan keterampilan ini bertujuan mencetak tradisi atau pola yg automatis terhadap peserta didik.

9. Metode Pengajaran Beregu

Metode pembelajaran beregu yaitu satu buah metode mengajar di mana pendidiknya lebih dari seorang yg masing-masing memiliki pekerjaan.Kebanyakan salah satu orang pendidik ditunjuk yang merupakan kordinator. Kiat pengujiannya,tiap-tiap pendidik menciptakan soal, setelah itu digabung. Seandainya ujian lisan sehingga setiapsiswa yg diuji mesti serta-merta berhadapan bersama team pendidik tersebut

10. Peer Theaching Method

Metode Peer Theaching sama pula dgn mengajar sesama rekan, adalah sebuah metode mengajar yg dibantu oleh temannya sendiri.

11. Metode Pemecahan Masalah (problem solving method)

Metode problem solving (metode pemecahan masalah) bukan hanyasekadar metode mengajar, tapi serta ialah sebuah metode berpikir, sebabdalam problem solving sanggup memakai metode-metode yang lain yg dimulaidengan mencari data hingga terhadap menarik ringkasan.
Metode problem solving ialah metode yg merangsang berfikir danmenggunakan pengetahuan tidak dengan menonton mutu pernyataan yg diungkapkan olehsiswa. Satu Orang guru mesti pandai-pandai merangsang siswanya utk mencobamengeluarkan opininya.

12. Project Method

Project Method yakni metode perancangan merupakan sebuah metode mengajar bersama meminta siswa membuat desain sebuah proyek yg bakal diteliti yang merupakan obyek kajian.

13. Taileren Method

Teileren Method yakni satu buah metode mengajar bersama memakai sebagian-sebagian,contohnya ayat per ayat setelah itu disambung lagi dgn ayat yang lain yg tentusaja tentang dgn masalahnya

14. Metode Global (ganze method)
Metode Global yakni sebuah metode mengajar di mana peserta didik disuruh membaca total materi, seterusnya peserta didik meresume apa yg bakal mereka serap atau ambil intisaridari materi tersebut.